Selasa, 27 November 2012

Tipu daya wanita lebih bahaya daripada tipu daya setan

 Hmm.. Sepertinya judul diatas membuat Para akhwat juga ummahaat gerah, bisa-bisa ana dijambak atau dicakar-cakar kaum hawa nih.. Makanya tenang dulu.. nyantai.. tarik nafas, keluarin pelan-pelan. Kita bisa bicarakan baik-baik masalah ini. Simak dulu dengan cermat perkata agar tak salah paham. Bukan berarti ana mau memojokkan kaum wanita dan menjadikan mereka biang keladi,  Ana Cuma menukil apa kata Syaikh Muhammad al Amiin asy Syanqithy. Dan ini adalah nasehat buat kita semua agar siaga extra terhadap virus merah jambu yang menjangkit qalbu, dalam sendu, saat bersamanya terasa syahdu, dan ketika tak ada dia terasa rindu. ups,,,

Kamis, 01 November 2012

Mukhtashar Tafsir al Qur'an Surat al Baqarah Ayat 27 (part 2)

Assalaamu'alaykum warohmatullaahi wabaarokaatuh..
Alhamdulilah, kita lanjutkan pembahasan tafsir kita yang sempat terhenti beberapa pekan karena bebarapa faktor, diantaranya faktor umur, lho? 
Sebelum makin ngaco, kita langsung saja lanjutkan ke materi.


الَّذِينَ يَنقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِن بَعْدِ مِيثَاقِهِ وَيَقْطَعُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَن يُوصَلَ وَيُفْسِدُونَ فِي الأَرْضِ أُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ
Yaitu orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh. Dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya. Dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang merugi.”.
 وَيُفۡسِدُونَ فِى ٱلۡأَرۡضِ‌ۚ "wayufsiduuna fil-ardhi". (Dan membuat kerusakan di muka bumi).
Salah satu karakter orang kafir adalah membuat kerusakan di muka bumi. Apa yang dimaksud membuat kerusakan di muka bumi? Syaikh Muhammad Bin Shaleh Al Utsaimin menjelaskan bahwa membuat kerusakan di muka bumi mempunyai 2 makna:

Selasa, 16 Oktober 2012

Mukhtashar Tafsir al Qur'an Surat al Baqarah Ayat 27 (part 1)

Assalaamu'alaykum warohmatullaahi wabaarokatuh..
Alhamdulilah kita masih dipertemukan kembali untuk melanjutkan  kajian tafsir al Qur'an yang ngangenin seperti penulisnya. ^_^
Langsung saja kita mulai, selamat menyimak.


الَّذِينَ يَنقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِن بَعْدِ مِيثَاقِهِ وَيَقْطَعُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَن يُوصَلَ وَيُفْسِدُونَ فِي الأَرْضِ أُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ
Yaitu orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh. Dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya. Dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang merugi.”.

 ٱلَّذِينَ يَنقُضُونَ عَهۡدَ ٱللَّهِ مِنۢ بَعۡدِ مِيثَـٰقِهِۦ Yaitu orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh.”

Jumat, 12 Oktober 2012

Makna Sayang

Goresan Jariku di pagi ini


Untukmu yang kehausan
Untukmu yang kelaparan
Untukmu yang kedinginan
Untukmu yang terdiam dalam sebuah getaran
Untukmu yang merasa ditinggalkan ..

Seringkali kita berfikir praktis, saat doa kita tak dipenuhi kita katakan "Allah ga sayang gue", saat permintaan ditolak orang tua kita, kita katakan "Mama Papa ga sayang gue," saat sesuatu yang diingini tak dipenuhi kita katakan kepada orang itu "Elo ga sayang gue rupanya"..

Sesempit inikah makna sayang itu ? apakah sayang itu selalu berwujud sesuatu yang kita inginkan dan harapkan mesti terjadi ?

Kita berdoa meminta kekayaan, Allah belum jua mengabulkan , maka jangan katakan Allah tak sayang, tapi lihatlah dulu bagaimana "lupa dirinya" perilaku orang orang yang kaya raya, bagaimana mereka banyak kufur dari nikmat Allah, bagaimana mereka merasa "Ini hasil gue" sehingga lupa atas nikmat-nikmat yang Allah berikan dan adanya hak tetangganya yang fakir dan miskin disetiap jengkal hartanya .. Mungkin Allah menahan itu semua karena sayang sama lo, mungkin ALlah ga pengen lo jadi kufur nikmat, jauh lebih parah, kok gitu ? ya .. buktinya saat ini aja lo udah merasa tidak adil, padahal berapa banyak nikmat Allah saat ini yang lo rasakan dan tak dirasakan oleh mereka yang terbaring sakit di ICU sana ? nikmat sekarang aja dah lo lupakan, apalagi nikmat kekayaan yang jauh lebih besar dari sekarang ?

Orang tua lo.. ngelarang lo kawin.. dan lo bilang "BONYOK ga sayang gue" , jangan gitu ah.. instropeksi diri dulu ... mungkin lo perlu memperbaiki sikap kedewasaan lo, mungkin ortu masih ngeliat lo anak mami, dikit dikit emaaaak, dikit dikit bapaaaaaak , mungkin lo termasuk orang yang belom mampu bertanggung jawab, diri lo aja masih ga keurus, kerjaan lo aja masih amburadul ga bisa dipertanggung jawabkan, gimana lo mau ngurusin anak orang ?

Indahnya Patah Hati

Indahnya Patah Hati.
Penulis :
Abu Fajri Khusen & Afeka.

1. MUQADDIMAH.

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Dari hati, dengan memohon taufiq dan Ridho Dzat Yang Membolak-balikkan Hati, saya Abu Fajri ditemani soulmate saya Afeka yang pendiam, mempersembahkan buah pena kami yang membahas tentang segala sesuatu tentang patah hati, dari mulai definisi sampai metode therapy. Mungkin saudara Afeka mau menambahkan, silahkan.

 Ga usah, lg bad mood, langsung aja ke materi.

2. DEFINISI PATAH HATI.
Sebagaimana cinta, tidak mudah untuk mendefinisikan apa yang dimaksud dengan patah hati. Persoalan semacam ini terjadi karena cinta dan juga patah hati lebih berada pada wilayah rasa, sementara definisi bergerak dalam dunia rasio. Rasio bisa melakukan rekayasa untuk menggambarkannya, tetapi percayalah, rekayasa rasio hanya akan menyentuh kulitnya saja, bukan intinya. Menggambarkan cinta atau patah hati secara logis dan matematis ala rasio hanya akan mereduksinya. Untuk memahami bagaimana rasa cabe, kunyahlah, dan Anda pun akan paham, lalu ketika melihat seseorang yang medesis kepedasan, Anda bisa membayangkan seperti apa panasnya mulut saat itu. Untuk bisa memahami cinta dan seluk beluknya, termasuk patah hati, Anda harus memasuki dan mengalaminya sendiri.
Anda boleh sinis terhadap rumus ini dengan menganggap bahwa ini hanya akal-akalan untuk menyelamatkan para pemuja cinta dari segala kritik akademis, namun sebagaimana pedasnya cabe adalah tetap seperti itu, baik Anda mau mencobanya langsung atau sekedar merumuskan kandungan kimiawinya, demikian pula cinta akan seperti itu adanya, baik Anda skeptis, apatis maupun sinis kepadanya.

Ah Abu Fajri payah, patah hati saja pake didefinisikan segala, udah bahasanya susah dicerna lagi, kasian yang patah hati, udah hati hancur seperti tepung beras, malah dibebani harus mikir keras agar paham pengertian patah hati. Kita semua udah pada tau, patah hati itu ya patah hati, suatu kondisi dimana hati nurani menjerit kejepit, atit. Biasanya karena gagal dalam bercinta, atau hubungan putus di tengah jalan. (Coba minggir dikit biar ga ketubruk angkot). Sangat sederhana, kan definisinya.

 3. JENIS JENIS PATAH HATI.
Patah hati ditinjau dari segi sosial, dibagi menjadi 2, yaitu:
a. Patah hati munfashil, dimana si penderita terpisah dan terputus dari orang2 yg ada di sekitarnya, dia abaikan semua orang, mengurung diri, termenung dalam kesendirian.

b. Patah hati muttashil, dimana si penderita masih tetap berinteraksi dan bergaul dengan orang2 sekitar, tak terkecuali dengan orang yang membuatnya patah hati. Ini type patah hati yang bijak.

Adapun jika ditinjau dari tempat terjadinya, patah hati ada 3, yaitu:
a. patah hati indoor, terjadi di dalam ruangan. nangis guling-guling di kamar.
b. patah hati outdoor, terjadi di mluar ruangan, jalan-jalan ke kuburan.
c. patah hati door to door, curhat ke rumah temen.

Rabu, 10 Oktober 2012

Mukhtashar Tafsir al Qur'an Surat al Baqarah Ayat 26 (part 4)

 Assalaamu 'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Alhamdulillah yang telah melimpahkan berbagai nikmat-Nya yang terhingga. Shalawat dan salam senantiasa terlimpah kepada nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.
Sudah malam dan tak ada makana, langsung saja kita lanjutkan pembahasan tafsir kita. Pada edisi sebelumnya kita telah mengetahui makna kata fasik atau al fisqu, baik secara bahasa maupun secara istilah syar'i. Sebagaimana telah kita ketahui, bahwa fasik itu ada dua macam, yaitu Fasik kecil, yaitu fasik yang tidak mengeluarkan pelakunya dari islam, dan Fasik besar, yaitu kufur. Pelakunya keluar dari islam. 

Kritik dan Sarannya tafadhol

Blog Sahabat Sunnah